Dokter Chintya, Saya DIHAMILI Pacar. Gimana Dong Enaknya?

Dokter Chintya, saya N di Jakarta, remaja 18 Tahun. Karena sering berhubungan badan dengan pacar saya, akhirnya saya hamil. Saya takut, tapi saya tidak mau menggugurkan kandungan ini. Bagaimana dokter?

Hamil usia muda merupakan situasi yang rumit, merasa sendirian, diacuhkan pacar, dan tidak berani mengutarakan kehamilan pada orang tua. Jika tetap mempertahankan kehamilan ini, sudah selayaknya Anda mengutarakannya pada orang tuamu. Ingatlah bahwa orangtua kita lebih berpengalaman dan bahkan mungkin mempunyai teman ataupun saudara yang pernah mengalami masalah ini.

Mungkin pada awalnya mereka akan marah dan kecewa tapi percayalah bahwa mereka pasti membantumu untuk mengambil langkah selanjutnya.

Namun jika takut mereka akan begitu marah dan mungkin akan melukaimu, ada baiknya jika mengutarakan hal ini pada guru favorit atau pelatih disekolah atau bahkan menceritakan masalah ini dengan pembimbing atau perawat kesehatan sekolah.

Kehamilan di usia muda ini adalah masalah sulit dimana kita harus memikirkan waktu serta komitmen yang harus kita jalani untuk membesarkan seorang bayi dan menjadi single parent (orang tua tunggal) pada usia remaja. Apakah siap menanggung kehamilan ini? Apakah membesarkan anak termasuk tujuan hidupmu? Apakah masih mau melanjutkan sekolah dan masuk perguruan tinggi? Apakah sanggup menanggung semua biaya untuk membesarkan seorang anak? Semua ini adalah hal yang wajib untuk dipertimbangkan.

Anda dapat berkonsultasi dengan sahabatmu, keluarga atau mungkin orang lain yang lebih Anda percayai seperti dokter, gurumu, penasihat sekolahmu, atau mungkin juga pelatih sekolah. Tapi pada akhirnya keputusan untuk meneruskan (merawat bayi atau mengadopsikannya) atau mengakhiri kehamilan adalah masalah pribadi.

Tetapi harus diingat, kehamilan bisa diakhiri sampai menjelang usia 24 minggu dimana aborsi pada trimester pertama akan lebih aman dibandingkan trimester kedua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: