KAMU Harus Tahu, Istilah Penting Tentang SEKS

Erogenous Zones
Bagian tubuh yang peka terhadap rangsangan seksual. Bisa di mana saja karena setiap orang berbeda-beda kepekaannya.

Ejakulasi
Keluarnya cairan semen dari penis cowok karena rangsangan atau kenikmatan saat melakukan hubungan seksual.

Foreskin

Bagian kulit yang menutupi kepala penis (glans). Yang biasanya dipotong pada saat cowok disunat. Dalam bahasa Jawa nya disebut Kulup.

Ginekolog (Gynaecologist)
Adalah dokter dengan spesialis pada kesehatan dan fungsi-fungsi tubuh wanita, yaitu soal-soal yang menyangkut organ seksual dan reproduksi.

Homoseksual

Seseorang yang hanya tertarik (secara seksual) pada sesama jenis kelamin. Misalnya pria pada pria.

Heteroseksual
Kebalikan dari homoseksual, yaitu seseorang yang tertarik pada jenis kelamin yang berbeda alias normal.

Hymen

Disebut juga selaput dara. Yaitu selaput tipis yang terdapat dalam liang vagina. Bentuk dan ketipisannya bermacam-macam tapi selalu ada lubang untuk keluarnya darah menstruasi. Robeknya selaput dara ini umumnya terjadi karena hubungan seksual. Namun selaput dara dapat juga robek karena kecelakaan atau kegiatan olahraga yang berat. Tidak setiap selaput dara robek saat hubungan seks terjadi, ini tergantung dari elastisitas otot selaput dara yang dimiliki.

Incest
Hubungan seksual ilegal yang dilakukan oleh keluarga dekat seperti ortu pada anaknya, kakek-nenek pada cucunya atau antara kakak dan adik kandung. Hubungan seksual ini dilarang oleh agama maupun hukum karena bisa menyebabkan lahirnya bayi cacat fisik dan mental.

Kontrasepsi
Alat dan cara yang digunakan untuk mencegah pembuahan dan kehamilan. Caranya bermacam-macam dan tergantung dengan keinginan Anda. Misalnya saja, kondom.

Labia Mayora
Bagian terluar dari mulut vagina yang ditumbuhi bulu-bulu halus. Labio Minora banyak mengandung pembuluh darah dan syaraf yang letaknya di belakang labia mayora.

Lesbian
Adalah kalangan wanita yang tertarik pada sesama wanita disebut juga female homosexual.

Masturbasi
Kegiatan menyentuh bagian tubuh dengan tujuan untuk merangsang diri sendiri. Bisa terjadi pada pria maupun wanita. Walaupun dari segi kedokteran masturbasi dinyatakan tidak menimbulkan kebutaan, kegilaan, kemandulan, atau gangguan syaraf seperti mitos yang beredar, namun dari segi psikologi kegiatan ini bisa menimbulkan perasaan tertekan dan bersalah. Dari sudut agama termasuk yang dilarang alias dosa.

Menstruasi

Haid/datang bulan yang merupakan peristiwa lepasnya lapisan dinding rahim yang banyak mengandung pembuluh darah karena tidak adanya pembuahan. Peristiwa ini terjadi sebulan sekali selama 3-7 hari. Biasanya berlangsung antara 21-35 hari. Pada remaja biasanya sirkulasinya belum teratur.

Menarche

Haid pertama, yang biasanya terjadi pada usia 11-13 tahun. Haid ini menandakan kematangan alat reproduksi wanita sehingga bisa hamil.

Ovarium

Organ reproduksi wanita yang berfungsi mengeluarkan sel telur (ovum) sebulan sekali (ovulasi). Sel telur yang dihasilkan oleh ovarium dapat dibuahi oleh sperma. Bila tidak dibuahi sel-sel telur itu maka akan ikut keluar saat menstruasi.

Penis
Organ seks pria yang berfungsi sebagai alat hubungan seksual dan sebagai saluran untuk menyalurkan sperma dan air seni.

Progesteron

Hormon seks wanita yang dihasilkan saat wanita memasuki masa puber.

PHS

Atau yang sering disebut juga, Penyakit Hubungan Seksual. Bisa terjadi bila melakukan hubungan seks yang tidak aman. Diantara penyakit hubungan seksual ini adalah AIDS, Herpes, Gonorrhea, Spyhilis dan masih banyak lagi.

Rahim
Terletak di rongga panggul wanita. Rahim ini tempatnya tumbuh dan tinggal calon bayi (janin) waktu seorang ibu sedang mengandung.

Semen
Cairan yang dikeluarkan dari penis cowok yagn mengandung jutaan sperma.

Sperma

Sel Mikroskopik yang dihasilkan di testikel cowok, yang bisa bertemu dengan sel telur dan dapat terjadi pembuahan.

Scrotum
Berupa kantung yang berguna untuk melindungi testis (tempat diproduksinya sperma) dan mengatur suhu testis agar relatif tetap.

Testosteron
Hormon seks cowok yang dihasilkan saat seorang cowok memasuki masa puber.

Testis

Tempat diproduksinya sperma. Jumlahnya dua buah dan terdapat dalam scrotum. Sperma diproduksi setiap hari dengan bantuan testosteron.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: