Mencari Kenikmatan Dengan Terapi SEKSUAL

Salah satu sisi terbaik mengenai terapi seks adalah bahwa terapi ini merupakan terapi yang relatif singkat — dan tidak berlangsung selamanya. Terapi seks adalah suatu bentuk terapi psikologis yang relatif singkat yang difokuskan secara khusus pada masalah seksual yang sedang Anda atau pasangan Anda hadapi — terapi ini tidak dilakukan dengan cara mengorek trauma masa kecil Anda yang pernah anda alami, seperti misalnya analisis psikologisnya Freud.

“Jika saya menangani suatu masalah seksual yang terjadi dalam sebuah perkawinan yang relatif utuh, perawatannya mungkin membutuhkan 8 hingga 20 sesi,” demikian kata Sallie Schumacher, Ph.D, seorang ahli terapi seks yang buka praktek pribadi di Winston-Salem, Carolina Utara. “Sesi-sesi itu mungkin diberi jarak yang berbeda-beda dan total lamanya perawatan berlain-lainan, dan tentu saja, tergantung pada masalahnya. Namun biasanya, terapi ini tidak berlangsung terlalu lama. Sebagian besar pasien akan merasakan kemajuan yang dapat dilihat setelah 3 atau 4 sesi.”

Para ahli terapi lainnya mengatakan bahwa suatu terapi mungkin memerlukan waktu lebih lama dari pada itu. Ahli terapi seks Shirley Zussman, Ed.D., direktur Association for Male Sexual Dysfunction di New York City, dan mantan direktur American Association of Sex Education, Counselors and Therapists, mengatakan bahwa dalam pengalamannya, terapi ini biasanya memerlukan waktu beberapa bulan hingga satu tahun agar didapat kemajuan yang berarti. Namun dibandingkan dengan analisa psikologis yang mungkin memerlukan waktu satu hingga tiga tahun, atau kadang-kadang lebih lama, terapi seks cukup singkat.

Ada hal lainnya yang penting untuk diketahui. Terapi seks tidak berkaitan dengan aktivitas seksual yang sebenarnya (paling tidak, tidak di ruang praktek ahli terapi). Biasanya terapi ini berkenaan dengan pertemuan konsultasi di ruang praktek dengan seorang ahli terapi setiap kurang lebih seminggu sekali ditambah dengn latihan-latihan yang dilakukan di rumah. Dalam beberapa kasus, pekerjaan-pekerjaan rumah yang diberikan berkaitan dengan latihan-latihan mental, seperti misalnya menjelaskan mengenai harapan-harapan dan tujuan-tujuannya,atau membaca sebuah buku. Terapi ini mungkin berkenaan dengan pelajaran teknik seksual di rumah seperti latihan-latihan yang difokuskan pada sensasi tubuh — untuk membantu pasangan dalam menikmati seks yang santai dan tanpa tekanan — atau tenik stop/start — yang berhubungan dengan ejakulasi prematur. Namun semua ini dilakukan secara pribadi di rumah sehingga Anda tidak perlu khawatir mengenai hal-hal yang memalukan yang harus Anda lakukan di depan ahli terapi Anda.

JANGKA PENDEK, JANGKA PANJANG
Pasangan dan individu datang untuk mendapatkan terapi seks dengan berbagai macam keluhan seksual, demikian kata Dr. Zussman, termasuk masalah-masalah ereksi (mungkin masalah yang paling umum), tidak mampu berorgasme, kurang bergairah, ejakulasi prematur, kecemasan kinerja seksual dan konflik perkawinan. Namun biasanya, demikian katanya, semua gangguan seksual dianggap disebabkan oleh dua bentuk masalah yang umum yaitu: masalah-masalah jangka pendek yang belum lama berselang atau kesulitan-kesulitan psikologis yang lebih dalam dan sukar ditangani. Masalah-masalah yang lebih dangkal dan belum lama berselanglah yang terutama bisa ditangani dengan baik oleh ahli terapi seks.

“Dalam kasus-kasus seperti ini, tugas ahli terapi seks adalah menghilangkan rintangan-rintangan yang hampir muncul ke permukaan dan menjadi penghalang sehingga fungsi seksual dasar seseorang dapat pulih kembali, demikian kata Dr. Zussman.

Sebagai contoh, bukan hal yang aneh untuk membuka tabir kemarahan yang terpendam dari pasangan-pasangan yang sedang memupunyai masalah seksual. “Ketika seorang laki-laki merasa marah, penisnya menjadi instrumen kemarahannya terhadap pasangannya, walaupun mungkin dia sendiri benar-benar tidak menyadarinya,” demikian Dr. Zussman menjelaskan. Supaya laki-laki mendapatkan kembali fungsi seksualnya, kemarahannya harus diakui dan dihadapi — dan itulah peran terapi seks.

Namun kadang-kadang masalahnya terbukti berasal dari sumber yang sangat dalam dan masalah-masalah tersebut sukar ditangani. Sebagai contoh, ahli terapi mungkin menyingkap adanya kekhawatiran yang sangat mendalam akan hubungan intim atau rasa bersalah yang mendalam mengenai seks, hasrat terhadap segala kenikmatan yang sangat terkekang atau ketakutan ditinggalkan oleh pasangannya. Dalam kasus-kasus seperti ini, demikian katanya, para pasien akan dianjurkan untuk pergi ke ahli terapi lainnya untuk analisa psikologis dalam jangka waktu yang lama. Sebagai contoh, laki-laki mungkin tidak begitu bergairah terhadap pasangannya karena dia sangat tertekan, menghadapi kasus seperti ini, pertama-tama dia akan mendapat perawatan untuk depresi yang dialaminya, kemudian kembali menjalani terapi seks yang difokuskan pada masalah-masalah ereksinya (atau apapun masalahnya).

TERAPI SEKS SELAIN TEHNIK MASTERS DAN JOHNSON
William Masters, M.D., dan mantan istri dan rekan kerjanya, Virginia Johnson adalah para pelopor terapi seks yang paling awal dan yang sampai sekarang masih menduduki rangking paling atas dalam jajaran pakar seksiologi. Sejak tahun 1959, mereka mengembangkan suatu contoh terapi dimana pasangan-pasangan datang ke klinik mereka di St. Louis untuk menjalani terapi intensif selama dua minggu yang meliputi 14 sesi yang terpisah.

Setiap pasangan akan ditangani oleh sepasang mitra ahli terapi yang terdiri dari seorang laki-laki dan seorang wanita. Masters dan Johnson melaporkan sukses yang sangat dengan menggunakan teknik ini — namun teknik itu bukannya tanpa kekurangan. Salah satu alasannya adalah bahwa, pada kenyataanya, jauh lebih mahal menyewa dua ahli terapi seks dari pada satu ahli terapi. Alasan lainnya adalah, demikian Dr. Zussman menjelaskan, penelitian-penelitian perbandingan telah menunjukkan bahwa kerja sama dengan tim ahli terapi tidak menunjukkan keefektifan yang lebih berarti dibanding dengan kerja sama dengan seorang ahli terapi saja. Itulah sebabnya, jika Anda memutuskan untuk mencari bantuan seorang ahli terapi, kemungkinan hanya satu ahli terapi yang akan menangani Anda.

MENETAPKAN ATURAN-ATURAN DASAR
Sebagian besar dari ahli terapi mengatakan bahwa paling baik jika Anda dan pasangan seks Anda datang ke terapi bersama-sama. (Masters dan Johnson melakukan terapi dengan meminta kedua pasangan datang bersama). Namun kadang-kadang hal tersebut tidak memungkinkan dan terdapat banyak ahli terapi yang bersedia bekerja dengan klien tunggal.

“Jika memungkinkan, saya ingin bertemu dengan kedua pasangan, namun ini bukan suatu keharusan,” demikian kata Dr. Schumacher. “Saya memperhatikan bahwa begitu seseorang berubah, seolah-olah hampir semua perubahan lainnya terjadi secara otomatis. Sebagai contoh, jika dua orang merasa cemas dan kacau, dan hanya salah seorang menyadari untuk tidak bersikap demikian, itu sudah cukup memberikan efek yang mendalam pada pasangannya “.

Apakah ada aturan-aturan dasar lainnya agar suatu terapi seks bisa sukses? Ini tergantung kepada ahli terapi seksnya.

Sebagai contoh, Dr. Zussman tidak akan menangani sebuah pasangan jika seorang dari mereka sedang menjalani suatu perselingkuhan. Dia tidak akan mau bertemu dengan pacar dari seorang klien yang telah menikah. Dan para ahli terapi lainnya menolak untuk menangani orang-oang yang salah seorang diantaranya menyimpan rahasia (perselingkuhan, biseksualitas) dari pasangannya. Aturan-aturan dasar yang utama, kata para ahli terapi, adalah bahwa Ada mempunyai kemauan untuk menghadapi masalah-masalah Anda, jujur dalam mengungkapkannya dan bersedia berubah.

MEMBANTU PASANGAN “MELAKUKAN DENGAN LEBIH BAIK”

Sejak awal dalam proses ini — kadang-kadang bahkan sebelum hal lainnya dilakukan — pasien terapi seks akan sering diwawancarai oleh seorang dokter medis untuk mencegah timbulnya keraguan adanya masalah-masalah fisik. Ini sangat penting jika laki-laki mempunyai masalah-masalah ereksi yang sangat sering berkaitan dengan komplikasi-komplikasi fisik seperti penyakit jantung atau diabetes. Beberapa klinik telah mengambil pendekatan multi-disiplin terhadap masalah-masalah seks dan mungkin menyewa ahli urologi, ahli kandungan atau spesialis medis lainnya. (Namun, ini adalah perkecualian dan bukan aturan).

Masalah-masalah apa yang bisa ditangani dengan baik oleh terapi seks?

“Begini, saya telah sukses 100% dalam mengubah perkawinan yang tidak sempurna, yang kadang-kadang dalam jangka waktu yang lama,” demikian Dr. Schumacher melaporkan. “Sangat jarang suatu terapi seks gagal dalam membantu seorang wanita untuk mencapai orgasme. Dan ejakulasi prematur tidak sukar ditangani.” Namun, tidak perduli apa masalahnya, apakah itu konflik perkawinan, kecemasan kinerja seksual, masalah-masalah ereksi atau stres, terapi seks mungkin akan membantu.” Secara keseluruhan, “kami dapat membantu hampir semua pasangan untuk menjalani kehidupan seksual dengan lebih baik,” demikian kata Schumacher. ”

Hanya dengan belajar mengutarakan masalah mereka dapat membantu mereka untuk merasa lebih dekat dan dengan belajar mengenai seksualitas manusia yang pokok akan dapat menjadi suatu terapi.

MENCARI SEORANG TERAPIS YANG BAIK

Sayangnya, hampir siapa saja dapat menyebut diri mereka sebagai seorang ahli terapi seks karena tidak dituntut adanya gelar apapun dari universitas, tidak perlu menggunakan ijin untuk memakai sebutan ini. Seorang ahli terapi seks mungkin seorang ahli jiwa, seorang psikolog, seorang dokter medis, seorang juru rawat, seorang konselor, seorang pekerja sosial atau (kadang-kadang) seorang penipu. Itulah sebabnya mengapa sangat penting untuk berhati-hati dalam mencari seorang ahli terapi yang handal dan memenuhi syarat untuk membantu Anda.

Salah satu cara terbaik: Carilah suatu referensi dari seseorang yang Anda percayai, sebaiknya seorang dokter atau seorang psikolog. Anda juga dapat mencoba menghubungi rumah sakit di daerah Anda; beberapa rumah sakit mempunyai klinik-klinik terapi seks. Universitas terdekat mungkin memiliki sebuah klinik seks atau suatu program bagi ahli terapi terlatih atau mungkin dapat menunjukkan kepada Anda seorang ahli terapi di dekat tempat Anda. Atau Anda dapat menghubungi American Association of Sex Educators, Counselors and Therapists, satu-satunya organisasi profesional yang menetapkan secara resmi para ahli terapi seks. Asosiasi tersebut juga akan menunjukkan kepada Anda seorang ahli terapi yang telah ditetapkan secara resmi di kota Anda. (Penetapan secara resmi oleh asosiasi berarti bahwa ahli terapi tersebut telah memenuhi persyaratan-persyaratan pendidikan dan latihan tertentu).

Setelah Anda menemukan seorang ahli terapi, saran Dr. Zussman, “Anda harus menanyakan dengan sangat terus-terang mengenai pendidikan/pelatihan serta kualifikasi mereka dalam terapi seks”. Juga, demikian dia menambahkan, jangan ragu-ragu untuk menanyakan berapa lama terapi akan berlangsung.

Biasanya, ahli terapi tersebut tidak dapat mengatakan secara tepat, namun seharusnya mempunyai gagasan umum mengenai berapa lama kasus-kasus yang sama dapat diselesaikan pada beberapa waktu yang lalu. Beberapa pasien yang ragu-ragu, mungkin dapat mencoba terapi seks dalam jangka waktu tertentu — hanya datang ke beberapa sesi dan melihat bagaimana terapi tersebut berlangsung. Tidak ada salahnya dengan ini dan pada kenyataannya, beberapa ahli terapi mungkin bahkan menyarankan hal ini juga.

Berapa tarif terapi seks? Dr. Zussman mengatakan bahwa sukar untuk menemukan seorang ahli terapi berpengalaman di New York yang menetapkan tarif kurang dari $125 per jam (yang juga merupakan tarif dari Dr. Zussman). Dr. Schumacher, di Carolina utara, menetapkan tarif $110, yang merupakan tarif umum di daerahnya. Tarif-tarif di beberapa klinik seks bervariasi tergantung dari penghasilan si pasien sehingga dapat mengurangi tingginya tagihan. Dan sebagian besar pengembalian biaya kesehatan mental akan mengganti biaya terapi seks, demikian Dr. Zussman menambahkan. Namun tidak semua polis-polis asuransi mengkover pengembalian biaya kesehatan mental — jadi periksalah polis asuransi Anda untuk memastikannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: