Dokter, Usai Melahirkan Boleh Langsung BERCINTA Nggak Sih?

Dokter Chinta,  saya ingin bertanya. Istri saya baru saja melahirkan. Setelah 2 minggu saya langsung mengajak istri saya berhubungan. Apakah tidak apa-apa dok, menginget masih pasca melahirkan. Tolong dijawab trimakasih sebelumnya. [sintya_XXXX@yahoo.com]

Jawaban:
Tidak ada masalah melakukan hubungan seks pasca melahirkan. Memang biasanya, perempuan ketika usai melahirkan perhatian akan lebih fokus [sementara] kepada anak. Apalagi bila istri Anda melahirkan dengan cesar. Tentu butuh waktu yang agak leih lama dibanding yang melahirkan normal.

Banyak pasangan suami istri yang mengalami perubahan pola seks setelah memiliki buah hati. Selain karena jam ‘kerja’ yang berubah, juga perhatian yang kini terbagi. Jika dulu masih memiliki waktu luang untuk bermesraan dengan pasangan hati, sekarang waktu yang ada harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Bahkan seringkali, schedule yang sudah diatur sedemikian rupa menjadi amburadul karena mungkin sang buah hati sedang rewel atau sakit.

Beberapa hal yagn harus Anda perhatikan adalah, angan pernah memaksa istri Anda untuk berhubungan seks. Meski banyak yang mengatakan, pasca melahirkan biasanya perempuan lebih kuat bercinta, tapi saya anjurkan komunikasikan dulu, sebelum benar-benar siap. Saya tidak bilang, jangan, tapi lebhi baik bicarakan dulu.

Kemudian hal yagn perlu Anda perhatikan juga:

1. Manfaatkan Waktu

Pasangan suami istri harus pintar dan kreatif dalam mencari cara untuk menjaga hidupnya perasaan cinta mereka. Pentingnya memanfaatkan waktu yang tersedia agar waktu yang sedikit itu bisa digunakan sebaik-baiknya. Terutama carilah waktu yang luang saat bayi Anda sedang terlelap, baik siang maupun malam hari. Apabila tidak ingin melakukan hubungan sex, setidaknya waktu yang tersedia bisa digunakan untuk melakukan kemesraan atau memberikan perhatian kepada pasangan.

2. Perlunya Rencana
Banyak pasangan suami istri menganggap acara spontan akan jauh lebih berkesan, namun sebenarnya banyak hal yang direncanakan jauh hari akan terasa lebih berkesan, karena sudah dipersiapkan dengan matang. Misalkan dengan menitipkan anak sejenak dengan pengasuhnya atau di rumah neneknya. Pasangan yang telah mempersiapkan rencana dengan matang bisa mengolah waktu yang ada agar menjadi sangat mengesankan.

3. Jangan Malu
Jangan pernah malu untuk bersikap seperti saat pacaran dulu. Telpon atau sms pasangan Anda terutama saat pasangan Anda tidak berada dirumah atau sedang dikantor. Tanyakan apakah dia sudah makan siang atau belum.. Setelah menikah tentunya Anda mengetahui apa hobi yang dilakukannya, jadi akan lebih mudah untuk memberikan perhatian kepada pasangan lewat hobi dan kesenangannya.

4. Carilah Alternatif Tempat
Kebanyakan pasangan baru menikah bercinta hanya di tempat tidur. Ubahlah kebiasaan ‘usang’ tersebut dengan hal-hal baru yang bisa dijadikan variasi dalam bercinta. Bercintalah di mana saja, selama itu memungkinkan. Di sofa, di mobil dalam garasi, di dapur dan sebagainya. Selain memecahkan masalah tempat, bercinta di berbagai tempat menimbulkan sensasi tersendiri sehingga memperkaya kehidupan seks Anda.

5. Tidak Perlu Minder
Biasanya wanita yang telah melahirkan mengalami perubahan bentuk tubuh. Seringkali wanita merasa minder. Perubahan fisik pasca kelahiran buah hati adalah hal yang memang tidak dapat dihindarkan. Bentuk tubuh yang tidak seindah masa gadis tidak akan mengurangi rasa cinta kasih suami. Jadi, cobalah untuk lebih rileks saat berhubungan. Jika masih merasa minder, gunakan penerangan yang redup, atau gunakan baju yang menurut Anda sexy sehingga kepercayaan diri Anda akan bertambah.

6. Manjakan Diri
Banyak wanita yang kurang memperhatikan lagi penampilan setelah melahirkan buah hati. Mungkin karena waktu, tenaga dan biaya yang kini lebih banyak terfokus pada buah hati. Padahal itu sangat salah, selain perhatian kepada buah hati, perhatian kepada suami juga kepada diri sendiri juga sangat penting. Jika penampilan kita kurang menarik, tentunya perhatian suami kepada kita juga akan berkurang bukan? Perawatan diri tidak selalu dengan biaya yang mahal. Carilah waktu yang tepat, manjakan diri dengan mandi lulur atau ke salon. Jangan selalu menggunakan daster saat dirumah dan jangan lupa untuk selalu terlihat bersih dan wangi. Jika kita terlihat bersih dan berbau wangi, tentu kepercayaan diri kita pun akan tumbuh dan kita tidak akan merasa canggung dan malu saat berhadapan dengan suami tercinta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: